Aturan Sehat Batuk& Bersin

Batuk & Bersin Merupakan reaksi tubuh untuk mengeluarkan peng hambat atau partikel asing yang ada di saluran pernapasan (debu, asap, lendir).

Manfaat? • Menjaga kesopanan. • Meminimalisir penularan pe nyakit terhadap orang sekitar. Ketika batuk atau bersin, kita atau anak menyebarkan droplet (cairan halus ludah dan ingus) yang memuat ratusan ribu bakteri atau virus di dalamnya. Menandakan tubuh se dang mengalami gangguan kesehatan.

Baca juga : Kursus Bahasa Jepang di Jakarta Selatan

Caranya? Hindari batuk-bersin di depan orang lain. Geser tubuh beberapa langkah atau setidak nya palingkan tubuh sehingga tidak meng hadap ke orang lain. Tutuplah mulut dan hidung dengan tisu saat batuk bersin. Pastikan mulut tertutup rapat oleh tisu sehingga droplet yang dilontarkan bisa dimini malisir penyebarannya. Segera buang tisu di tempat sampah (hanya sekali pakai). Jangan letakkan di atas meja, ranjang, atau tempat lain yang umum digunakan orang karena bakteri atau virus mudah menyebar.

Hindari penggunaan sapu tangan berulang karena telah menyimpan bakteri/ virus. Setelah digunakan, cuci dengan bersih. Hindari menutup dengan telapak tangan karena akan membuat tangan terpapar bakteri atau virus sementara tangan kerap menyentuh b gian tubuh lain seperti hidung dan mulut. Jika tidak ada tisu, tutup lah mulut dan hidung dengan siku tangan bagian dalam. Selain dapat memi nimalisir lontaran droplet, telapak tangan pun tetap bersih. Cuci tangan atau siku bagian dalam setelah batuk-bersin dengan air mengalir atau dengan larutan sanitasi yang aman bagi kulit. Selama batuk-pilek, sebaiknya gunakan masker untuk meminimalisir penularan ke orang lain.

tolong kapan-kapan bahas tentang pentingnya vaksinasi/imunisasi, manfaatnya, dan lain-lain. Soalnya sekarang banyak ibu yang awam, tidak tahu seberapa pentingnya memberikan imunisasi pada anak, khususnya imunisasibdasar lengkap dan imunisasi tambahan. Kita sudah tertinggal jauh oleh negara lain. Oh ya, adakan juga event-event yang mengikutsertakan ibu/ayah bersama anak, tentang bermain, belajar bersama, serta melatih keberanian si kecil di depan orang.

Tentang pentingnya imunisasi pernah kami bahas beberapa waktu lalu. Namun, tentu saja harus terus diingatkan dari waktu ke waktu agar para orangtua tidak lupa mematuhi jadwal imunisasi bagi buah hatinya. Terima kasih atas masukannya Mama Tiwi. Bangga dan bahagia rasanya kalau semua orangtua punya kepedulian seperti Mama Tiwi.

Sumber : https://eduvita.org/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *