Bersihkan Throttle Gas Biar Aman dan Nyaman

Bersihkan Throttle Gas Biar Aman dan Nyaman – Suasana masih bulan puasa, jadi masih kami sajikan tips ringan yang cocok dipraktikkan sambil menunggu waktu berbuka alias ngabuburit, makanya disebut ngabubutips. Kali ini diulas mengenai cara membersihkan sendiri throttle alias gas. Yang mana kalau dibiarkan, tak pernah dibersihkan akan seret atau berat saat diputar. Efeknya bikin tangan lekas pegal bahkan bisa bahaya. Praktiknya kali ini pada Honda CB150R StreetFire. Alat-alat yang dibutuhkan yaitu obeng kembang/ plus, obeng minus, kunci pas 14, dan oli. Di motor lain kunci yang dibutuhkan bisa jadi beda. Nah sebelum lanjut, ada yang tahu kenapa throttle gas ini harus dibersihkan? Langsung saja kita tanyakan ke Endro Sutarno, Technical Service Division PT. Astra Honda Motor. “Throttle gas perlu dibersihkan apabila ada kelainan pada saat pengecekan. Contohnya pada saat diputar tidak balik dengan lancar atau seret,” ujarnya. Bisa jadi karena bagian pipa setang yang terbungkus grip gas tersebut kotor atau berkarat.

Untuk membersihkannya pertama-tama buka dulu panel sakelar kanan. Bongkar dengan membuka dua buah baut menggunakan obeng kembang (Gbr.1). Kemudian akan terlihat kabel gas yang menempel pada selongsong grip gas. Oh ya, sebelum melepas grip gas, jangan lupa melepas bandul atau balancer yang ada di ujung setang (Gbr.2)Pada Honda CB150R mengusung kabel gas model push & pull layaknya motor modern lainnya, sehingga terlihat dua buah kabel. Copot kabel tersebut dari rumahnya secara hatihati (Gbr.3), bila agak keras dapat menggunakan bantuan obeng minus. Tapi sebelumnya lepaskan dulu pengikat kabel gas dengan kunci pas 14 (Gbr.4). “Perlu diperhatikan pada saat melepas grip gas jangan sampai merusak kabel gasnya,” wanti Endro. Pada saat membongkar cek juga fungsi kabel gasnya, masih bagus atau tidak. Kalau tidak sekalian saja diganti.

Saat selongsong gas sudah dicopot, akan terlihat debu dan kotoran yang menumpuk di dalamnya. Bersihkan dengan lap (Gbr.5), kalau setangnya berkarat hilangkan karatnya dengan diamplas. Selanjutnya beri sedikit pelumas, seperti oli. Jangan lupa bersihkan juga selongsong grip gas karena di dalamnya juga banyak kotoran dan debu. oleskan pula pelumas agar gerakannya makin lancar. Selanjutnya tinggal rakit kembali grip gas beserta kabel dan panelnya kebalikan dengan langkah membuka. Mudah bukan? Hasilnya riding bakalan lebih nyaman karena tak butuh effort ekstra untuk memutar grip gas. Selain itu juga mengurangi resiko grip gas tersangkut karena seret akibat kotoran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *