cara usir tikus

 Cara Mengusir Tikus Curut yang Bandel Dengan 10 Cara Alami

Cara Mengusir Tikus Curut – Tikus merupakan hewan pengerat yang keberadaanya tidak disukai oleh manusia karena tikus dapat merusak berbagai macam perabotan seperti: interior kantor bahkan sangat sering tikus curut merusak berbagai macam furniture indah dirumah, sehingga keberadaanya perlu di usir karena sangat merugikan bukan.

Beberapa nama panggilan untuk tikus liar yaitu tikus rumah, tikus curut, tikus sawah dan tikus got. Sedangkan tikus yang biasanya dibudidayakan untuk kepentingan tertentu disebut tikus putih atau mencit.

Tikus curut atau tikus celurut sering dibasmi karena hewan tersebut merugikan. Selain karena kotor, makan makananan manusia dan merusak benda – benda di dalam rumah bahkan tak jarang merusak desain interior ruangan yang tentu saja mejengkelkan bukan? Selain itu tikus curut juga berpotensi menyebarkan penyakit berbahaya seperti pes, leptospirosis dan lainnya.

Tikus curut bisa masuk ke dalam rumah karena mereka mencari makanan. Tikus curut ini menyukai tempat yang kotor, jika rumah Anda kotor tikus curut ini akan senang dan betah di sana.

 Cara Mengusir Tikus Curut yang Bandel

Tikus curut menyukai tempat kotor, lembab dan gelap. Jika Anda ingin mengusir tikus curut, simak cara mengusir tikus curut yang bandel berikut ini

1.          Menutup lubang masuk di dinding rumah

 Biasanya tikus curut datang dari luar rumah. Jika Anda menemukan tikus curut di dalam rumah Anda, sebaiknya Anda periksa retakan di dinding atau lubang lain yang sekiranya dapat menjadi jalan bagi tikus untuk memasuki rumah Anda. Tutuplah lubang tersebut menggunakan material bangunan. Namun jika lubangnya terlalu kecil, Anda bisa menggunakan gumpalan alumunium foil.

2.         Menutup bak sampah rapat – rapat

 Tikus mencari sisa – sisa makanan yang ada di bak sampah. Agar tikus tidak memasuki rumah, Anda bisa mengosongkan tempat sampah di dalam rumah dan memastikan tempat sampah diluar rumah tertutup rapat untuk menghindari kedatangan tikus curut.

3.         Memelihara kucing

Ingat adegan di film kartun tom and jerry? Kucing akan mengejar tikus karena kucing merupakan predator alami yang memangsa tikus. Cara mengusir tikus curut dengan memelihara kucing merupakan cara efektif dan paling natural karena tikus curut akan takut untuk memasuki rumah Anda.

4.         Menggunakan aroma mint dan cengkeh

Tikus membenci aroma yang harum dan menyengat. Gunakan minyak esensial beraroma mint dan cengkeh pada pada tempat-tempat yang dilewati tikus curut.

5.         Menggunakan sabun batangan

Sabun batangan dapat dipakai sebagai cara mengusir tikus curut. Aroma sabun batangan tidak disukai oleh tikus curut jadi Anda bisa meletakkan sabun batangan ditempat – tempat yang dilalui tikus curut.

6.         Menggunakan daun kemangi

Daun kemangi memiliki aroma segar yang ternyata dibenci oleh tikus. Anda cukup menempatkan daun kemangi di tempat yang sering dilalui tikus atau langsung meletakkan daun tersebut pada sarang tikus, maka akan membuat tikus curut menyingkir dan menjauhi rumah Anda.

7.         Menggunakan buah mengkudu

Buah mengkudu atau biasa disebut pace selain berkhasiat untuk kesehatan ternyata juga bisa dipakai untuk mengusir tikus curut. Cara mengusir tikus curut dengan buah mengkudu yaitu Anda bisa memotong buah mengkudu menjadi beberapa bagian kemudian meletakkan buah tersebut di tempat – tempat yang didatangi tikus curut.

Tikus curut akan enggan mendekat dan menyingkir untuk menghindari aroma mengkudu tersebut. Bila aroma mengkudu sudah hilang, Anda bisa menggantinya dengan yang baru.

8.         Menggunakan cuka

Cuka memiliki bau menyengat yang dibenci tikus curut. Cara mengusir tikus curut dengan cuka dengan melumuri kapas dengan air cuka lalu meletakkan kapas tersebut di tempat – tempat yang dilalui tikus curut.

9.         Menggunakan suara infrasonik atau ultrasonik

Tikus curut membenci tempat yang bising. Anda bisa menggunakan suara infrasonik ataupun ultrasonik untuk membuat tikus curut menyingkir dari rumah Anda. Cara mengusir curut ini sangat mudah karena ada banyak aplikasi suara infrasonik atau ultrasonik di smartphone yang bisa Anda unduh secara gratis.

10.       Memastikan rumah bersih

Seperti yang Anda telah ketahui, tikus curut sangat menyukai tempat yang kotor. Tikus curut betah di tempat yang kotor, gelap dan lembab. Itu sebabnya Anda sering menjumpai keberadaan tikus curut di bawah lemari, kolong tempat tidur, bawah meja makan, plafon dan tempat lain yang sekiranya kotor.

Cara mengusir tikus curut yang terakhir dan utama adalah memastikan rumah Anda bersih. Jika Anda ingin mengusir tikus curut dan membuat tikus curut tidak kembali ke rumah Anda, pastikan rumah Anda selalu bersih.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *