KB Pil Aman Diminum Jangka Panjang

Mama pun dapat segera subur kembali setelah IUD dilepas oleh dokter. Jadi selama Mama merasa cocok dan tak menimbulkan efek samping, IUD dapat terus dipakai. Beberapa efek samping yang dapat ditimbulkan IUD adalah kram, sedikit rasa mulas (nyeri perut bagian bawah), kadang-kadang ada spoting (bercak darah) atau lendir vagina yang agak banyak (keputihan), siklus menstruasi tak teratur. Satu efek samping yang tak boleh diabaikan adalah perdarahan yang berlangsung terus-menerus dalam jumlah banyak. Pada kasus ini pemakaian IUD harus dihentikan.

Baca juga : Kursus Bahasa Jerman di Jakarta

KB Pil Aman Diminum Jangka Panjang

Pilihan lain alat kontrasepsi modern adalah pil dan suntik. Pil secara efektif dapat mencegah kehamilan bila di minum teratur. Pil KB ini aman diminum dalam jangka panjang selamabertahun-tahun. Adapun jenis pil KB, yaitu: pil kombinasi/gabungan (mikropil ) berisi dua hormon yaitu estrogen dan progesteron, serta pil mini/khusus (minipil) yang hanya me ngandung hormon progesteron.

Menurut Badan kesehatan dunia (WHO), Mama yang menyusui secara eksklusif disarankan menggunakan alat kontrasepsi yang mengandung hormon turunan progesteron. Pil kontrasepsi yang mengandung estrogen atau kombinasi tidak direkomendasikan untuk mama menyusui karena dapat mengurangi produksi ASI. Pilih pil atau KB suntik yang hanya mengandung progesteron. Kembali pada kontrasepsi pil, kontrasepsi jenis ini aman selama tidak digunakan oleh penderita hipertensi, gangguan jantung, varises, kencing manis, penderita sesak napas, eksem, migren, radang pembuluh darah, pembesaran kelenjar gondok, kanker payudara/kandungan.

Mengenai efek samping yang mungkin terjadi adalah mual, jerawat, nyeri kepala, perdarahan di luar haid, bercak hitam di pipi (hiperpigmentasi), penyakit jamur pada liang vagina (candidiasis), dan berat badan bertambah. Mama Wiwik Prasetya meng alami efek samping yang disebut terakhir, “Setelah kelahiran anak pertama, saya pakai KB suntik 3 bulan sekali, tetapi badan jadi gemuk. Pas anak kedua, pakai KB kalender. Alhamdulillah , enggak gemuk tapi malah kebobolan. Jadilah anak yang ketiga langsung KB IUD, soalnya tiga anak sudah cukup buat saya.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *